Cagar Alam Pananjung Pangandaran atau Taman Wisata Alam Pangandaran ?

nanangsuryana, 19 Sep 2019, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

PANGANDARAN ( Jawa Barat ). Ingat Pangandaran otomatis setiap orang akan berfikir pantai, laut dengan makanan Khasnya SEAFOOD. Ya... Itulah yang ada di pikiran setiap orang yang pernah berkunjung , berlibur di kabupaten Pariwisata di Propinsi Jawa Barat ini. Pangandaran yang sedang giat giatnya menata pada sektor Pariwisata ini memang sejalan dengan kebijakan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Jeje Wiradinata Selaku Bupati Pangandaran yang memiliki Program Kerja menjadikan Kabupaten Pangandaran menjadi Kabupaten PARIWISATA  yang Mendunia.

Lalu apa yang akan di jadikan ikon Pariwisata untuk menjadi Kabupaten Pariwisata yang mendunia di Pangandaran ?

Banyak Potensi Pariwisata di Kabupaten Pangandaran diantaranya wisata pantai dan laut , Pantai Karapyak, Karangnini, Karangtira, Batuhiu, Batukaras, dan Madasari . Ada juga wisata sungai dengan atraksi wisata nya BODY RAFTING seperti Citumang, Green Canyon, Santirah , Gua Cilalay dan Ciwayang. Dan wisata Kuliner yang lagi trendy saat ini yaitu KAMPUNG TURIS.

Lalu wisata apa yang dulu pernah menjadi tujuan utama pengunjung ke pangandaran ?

Dikatakan Uking Iskandar selaku Kepala Resort BBKSDA Pangandaran  " Ya.... Benar , itulah TWA ( Taman Wisata Alam ) PANGANDARAN atau yang lebih dikenal dengan CAGAR ALAM PANANJUNG. Obyek wisata ini di kelola oleh Perum Perhutani selaku operator sebagai pemegang Ijin Pengusahaan Pariwisata Alam ( IPPA ) dan BBKSDA Resort Pangandaran selaku Regulator di bawah Kementrian LHK "

Uking juga menerangkan " Banyak Potensi dan atraksi wisata yang bisa dilakukan di TWA Pangandaran. Wisata EDUKASI itu yang jelas , karena di TWA dan Cagar Alam Pangandaran selain  kita bisa mengenal jenis Flora dan Fauna juga ada beberapa lokasi yang merupakan peninggalan sejarah kerajaan galuh ( SITUS BATU KALDE ) dan peninggalan sejarah perang dunia ke II yaitu berupa GUA JEPANG ( BUNKER ) dan gua gua alam seperti Gua Parat atau di kenal gua Mak Lampir karena sering di pakai shooting Film Mak lampir, Gua Panggung, Gua Lanang, gua Sumur Mudal dan GUA CIRENGGANIS yng konon katanya airnya dapat membuat awet muda .  . Fasilitas yang ada di lokasi berupa Area Parkir  yang berada di pintu masuk sebelah timur termasuk toilet dan mushola, serta fasilitas menginap yang berada di lokasi Cirengganis Pantai Timur dan Pesanggrahan Ciborok yang ada di pantai sebelah barat " Terangnya.

Untuk pelayanan kepemanduan di lokasi TWA Pangandaran sudah terbentuk organisasi kepemanduan yaitu PAGUYUBAN PEMANDU WISATA PANGANDARAN ( PPWP ) . Itu merupakan pemberdayaan masyarakat yang bisa mengurangi pengangguran dan profesi sebagai pemandu di suatu objek wisata itu hal yang wajib untuk melayani dan memanjakan setiap pengunjung yang datang.

" Harapan ke depan Tentunya hal ini tidak bisa berjalan sendiri-sendiri, semua stakeholder yang ada di Kabupaten Pangandaran harus bersinergi ( Pemerintah, masyarakat , pengusaha wisata ) untuk mewujudkan Pangandaran menjadi Kabupaten Pariwisata yang berkelas Dunia " Pungkasnya. ( Nang. Surya)

AYO KE PANGANDARAN......JADIKAN PANGANDARAN MENJADI KABUPATEN PARIWISATA YANG MENDUNIA .

 

 

 

 

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu